Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Home

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

SINTANG, RB – Akhir-akhir ini harga komoditas perkebunan seperti karet dan sawit anjloknya. Kondisi tersebut tentu berdampak pula pada sumber mata pen

Masyarakat Harapkan Perbaikan Infrastruktur
Ronny Sebut Proses Pergantian Wabup Masih Ditahap Parpol
Pengawasan Terhadap Peredaran Narkoba Harus di Tingkatkan

SINTANG, RB – Akhir-akhir ini harga komoditas perkebunan seperti karet dan sawit anjloknya. Kondisi tersebut tentu berdampak pula pada sumber mata pencaharian masyarakat yang bergantung pada komoditas tersebut.

Menangapi hal itu, Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupten Sintang, Jeffray Edward mengatakan,bahwa ada beberapa upaya yang dapat dilakukan pemerintah untuk optimalisasi perekonomian masyarakat tersebut, diantaranya program pembangunan pemerintah yang fokus pada peningkatan ekonomi.

“Maka dari itu, dalam rangka optimalisasi perekonomian masyarakat, tentu peran pemerintah sangat dibutuhkan, sehingga dengan kondisi seperti saat ini, masyarakat dapat terbantukan,” ujar Jeffray beberapa waktu lalu.

Dikatakan Jeffray, bahwa salah satu peran pemerintah melalui instansi atau badan terkait misalnya memberikan pelatihan dan keterampilan kepada para pelaku Usaha Makro Kecil dan Menengah (UMKM), serta bantuan dari segi pendanaan atau pinjaman maupun bantuan dari segi peralatan dan lainnya.

“Jadi initinya masyarakat itu membutuhkan peluang usaha. Ini harus dipikirkan oleh pemerintah dalam menciptakan perihal tersebut, agar pendapatan warga tidak terdampak negatif dengan kondisi yang ada saat ini,” terang Jeffray.

Selain itu, jelas Politisi Partai PDI Perjuangan ini, pemerintah juga dapat mendorong masyarakat untuk membuka lapangan kerja mandiri serta berkelompok dan memberikan bimbingan, agar usaha yang mereka lakukan dapat berjalan dengan maksimal sesuai yang diharapkan.

“Tentu kita harapkan dengan kondisi yang ada saat ini, agar jangan sampai terjadinya Kesenjangan antara mata pencaharian dan hasil yang mereka dapatkan, sehingga perlu peran serta berbagai elemen, tidak hanya dari pihak eksekutif namun juga pihak legislatif,” tuturnya.

Pada intinya kata Jeffray, masyarakat saat ini sangat membutuhkan peluang usaha, maka dari itu ini patut menjadi perhatian. Jangan sampai perekonomian masyarakat di Kabupaten Sintang benar-benar anjlok gara-gara turunnya harga komoditas yang selama ini menjadi andalan mereka.

“Terkadang situasi dan kondisi dapat berdampak pada sektor usaha yang dijalankan oleh masyarakat, maka dari itu, dalam hal ini peran serta pemerintah akan sangat membantu,” pungkasnya. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0