Welbertus tanggapi positif Dana Desa Naik 5 Miliar

Home

Welbertus tanggapi positif Dana Desa Naik 5 Miliar

Sintang, RB – anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang, Wlbertus menanggapi positif permintaan kenaikan dana desa menjadi lima meliard.

Personil Polsek Ketungau Hilir Kawal Pergeseran Logistik Ke KPU
Pemda Sintang Diminta Normalisasi Drainase
Maksimalkan Bantuan Sosial untuk Warga Terdampak Banjir

Sintang, RB – anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang, Wlbertus menanggapi positif permintaan kenaikan dana desa menjadi lima meliard.

Legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sintang I yang meliputi kecamatan sintang kota ini juga menilai jika pemerintah pusat mengabulkan  harapan para Kepala desa, maka akan sangat berdampak baik terhadap pembangunan di desa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yang ada di daerah-daerah.

“Berkaitan dengan anggaran untuk anggaran sesa itu mestinya kewenangan pemerintah pusat kita tidak tahu bagiamana perhitungannya, tapi kalau bisa diwujudkan bagus juga. Karena memang pembangunan di desa langsung bersentuhan dengan masyarkaat. Hanya memang keputusannya kan di pusat,” Jelas Welbertus, kepada sejumlah wartawan, usai menghadiri acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Apdesi DPC Kabupaten Sintang Massa bakti 2023-2028 di Aula rumah jabatan bupati sintang.

 

Semtara itu, Ketua DPD Apdesi Provinsi Kaliimantan Barat, Mahyus menyampaikan tuntutan kenaikan dana desa 5 miliar yang saat ini tengah diperjuangkan di meja DPR-RI diharapkan dapat disetujui. Selain kenaikan dana desa, para kepala desa juga meminta supaya gaji para kades diperhatikan oleh pemerintah.

 

“Sebenarnya ada 13 tuntutan yang sedang kita perjuangkan. Pertama soal kenaikan anggaran dana desa menjadi 5 miliar setiap desa. Yang lain masih ada soal gaji kades. Alhamdulillah, gaji kades di Kalbar, cukup dibandingkan dengan daerah lain,” ujar Mahyus.

Para Kepala Desa baik yang tergabung dalam organisasi Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) maupun Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) saat ini tengah berjuang untuk mendorong agar pemerintah menaikkan dana desa menjadi 5 miliar per desa.

 

Usulan kenaikan anggaran dana desa menjadi lima kali lipat ini sudah disampaikan langsung ke Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo oleh PPDI.

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0