RSJ Kurang SDM

HomeSintang

RSJ Kurang SDM

SINTANG, RB - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Edi Harmaini mengungkapkan bahwa rumah sakit jiwa Sudiyanto yang berada di Kabupaten Sintang p

Komisi C DPRD Sintang Nyatakan Imunisasi untuk Meningkatkan Kesehatan
Ronny : Kendala Membangun karena Dana Yang Minim
Hadir Perayaan Cap Go Meh di Sepauk, Bupati Ingatkan Untuk Jaga Kedamaian

SINTANG, RB – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Edi Harmaini mengungkapkan bahwa rumah sakit jiwa Sudiyanto yang berada di Kabupaten Sintang provinsi Kalimantan Barat masih kekurangan sumber daya manusia.

Ia mengatakan bahwa sumber daya manusia tersebut terutama dalam jumlah tenaga medis yang bertugas sehari-hari.

Hal itu disampaikannya pada saat grand opening rumah sakit jiwa Sudiyanto Kabupaten Sintang pada Kamis 16 November 2023.

“Rumah sakit jiwa ini merupakan satu-satunya yang berada di wilayah timur Kalimantan barat,” ucapnya.

Ia menyebut rumah sakit jiwa ini mencakup lima kabupaten pertama Kabupaten Sintang, kedua Melawi, ketiga Sekadau, ke empat Sanggau dan terakhir Kapuas Hulu.

“Perlu kita ketahui sejak dibuka pada Februari lalu rumah sakit jiwa ini sudah memiliki 36 tempat tidur dan sudah menerima pasien juga,” jelasnya.

Kendati demikian ia juga mengatakan bahwa saat ini sumber daya manusia yang dimiliki oleh rumah sakit jiwa Sudiyanto belum memadai, namun untuk sarana dan prasarananya sudah aman.

Ia mengungkapkan pada saat ini di Kabupaten Sintang total yang mengalami gangguan kejiwaan sebanyak 665 orang.

“Dari jumlah ini yang dirawat di rumah sakit jiwa Sudiyanto pada saat ini ada tujuh orang serta satu orang dirawat di rumah sakit Ade Muhammad Jon Sintang,” tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa perawat di rumah sakit jiwa Sudiyanto pada saat ini baru berjumlah 15 orang.

“Saat ini jumlahnya masih sangat minim sekali, padahal kita membutuhkan minimal 24 orang perawat untuk 36 empat tidur dan untuk daftar spesialis jiwa kita hanya baru satu dan ini satu-satunya dokter kejiwaan yang ada di wilayah timur Kalimantan barat,” pungkasnya.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0