DKP Provinsi Gelar Gerakan Pangan Murah

HomeSintang

DKP Provinsi Gelar Gerakan Pangan Murah

SINTANG, RB - Dinas Ketahanan Provinsi Kalimantan Barat menggelar Gerakan Pangan Murah di Komplek Pasar Raya Sintang, Selasa 31 Oktober 2023. Berda

Berlangsung 10 Hari, Kelam Tourism Festival 2023 Selesai
Resmikan Waterfront, Puan Maharani Pinta Jaga Dengan Baik
Kaban Kesbangpol Sintang Jadi Narasumber Pertemuan Tim Penanganan Konflik Sosial Se Kalbar

SINTANG, RB – Dinas Ketahanan Provinsi Kalimantan Barat menggelar Gerakan Pangan Murah di Komplek Pasar Raya Sintang, Selasa 31 Oktober 2023.

Berdasarkan pantauan dilapangan tampak sempat terjadi kericuhan pada barisan antrian pembeli, kendati demikian semuanya ludes diserbu masyarakat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang, Bernhad Saragih mengatakan bahwa Gerakan Pangan Murah dalam rangka pengendalian inflasi pasokan dan harga pangan.

“Berdasarkan pengamatan kita di Kabupaten Sintang sebenarnya angka inlfasi kita sudah rendah, tetapi karena harga bahan pangan yang masih tinggi jadi kita kirim surat kepada Dinas Ketahanan Pangan Provinsi agar diberikan lagi GPM ini,” ucap Saragih.

Ia mengatakan untuk saat ini komoditi bahan pangan yang dijual memiliki kualitas premium dan dijual dibawah harga pasar.

“Beras yang kita jual premium ada kemasan 5 kilogram dan 10 kilogram, ada juga minyak goreng dan gula pasir premium,” jelas dia.

Ia mengungkapkan dalam gerakan pangan murah ini komoditi yang dijual meliputi 6 ton beras premium seharga Rp 60 ribu setiap kemasan 5 kilogram. Kemudian 600 kilogram gula pasir seharga Rp 14 ribu per kilogram dan 600 liter minyak goreng seharga Rp 16 ribu per liternya.

“Untuk beras premium yang kita jual ini kalau dipasaran sekitar Rp 80.000 jadi bedanya sekitar Rp 20.000 dan untuk gula pasir dan minyak goreng perbedaan dengan harga pasar sekitar Rp 2.000,” kata Bernhad.

Oleh sebab itu dia berharap melalui Gerakan Pangan Murah yang dilaksanakan ini dapat meringankan masyarakat untuk mendapatkan bahan pangan dengan harga murah.

“Kalau dari kita itu intinya masyarakat dapat terbantu lah serta dapat menstabilkan harga beras yang tinggi di Kabupaten Sintang,” pungkasnya.

Sumber: Rilis Kominfo Sintang

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 1