Kominfo Sintang Sampaikan Tips Hindari Hoaks di Media Sosial

Home

Kominfo Sintang Sampaikan Tips Hindari Hoaks di Media Sosial

SINTANG, RB - Pengurus Rukun Tetangga 01 di BTN Cipta Mandiri I Kelurahan Sengkuang Kecamatan Sintang menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penggunaan

Perpusda Evaluasi Transformasi Perpustakaan
It’s So Police Car Shield When shootout with terrorists ISIS
Lirik Peluang Usaha

SINTANG, RB – Pengurus Rukun Tetangga 01 di BTN Cipta Mandiri I Kelurahan Sengkuang Kecamatan Sintang menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penggunaan Media Sosial di selasar Masjid Al-Ihslah pada Sabtu, 28 Oktober 2023 sore.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Kadis Kominfo Sintang yang diwakili Syukur Saleh selaku Kepala Bidang Komunikasi Publik.

Hadir pada sosialisasi tersebut Ferry Kurniadi selaku Ketua RT 01 BTN Cipta Mandiri I Kelurahan Sengkuang, 33 orang ibu-ibu warga RT 01 dan Ibu Maria Victoria selaku narasumber.

Syukur Saleh Kepala Bidang Komunikasi Publik menyampaikan dalam kehidupan sehari-hari, para pengguna internet dan media sosial pasti pernah menerima informasi bohong yang masuk ke perangkat smartphone sehingga perlu cara dan tips dalam menghindari informasi bohong atau hoaks.

“Pengguna internet dan media sosial hendaknya memasang alarm di dalam diri pribadi, bahwa ketika menerima, melihat, dan membaca sebuah informasi yang kita sendiri ragu akan kebenaran fakta yang ada dalam informasi tersebut, langsung waspada dan melakukan langkah selanjutnya,” terang Syukur Saleh.

Kemudian langkah selanjutnya adalah langsung menghapus informasi tersebut, atau jangan dihiraukan, lewatkan saja dan jangan diteruskan.

“Kalau penerima informasi yang bernada provokasi dan negatif di aplikasi whatsapp, langsung curiga dan hapus saja,” tutur Syukur Saleh.

“Kalau kita memang ingin membaca dan mendalami informasi bohong ini. Boleh di cek juga alamat situs yang memuat informasi bohong itu, lihat kejelasan narasumbernya. Cek faktanya, masuk akal ndak fakta yang disajikan,” tambahnya.

Namun dia memberi saran, dari pada menghabiskan waktu untuk mempelajari informasi bohong itu, lebih baik ketika menerima informasi yang diragukan kebenaranya, langsung hapus saja, atau lewatkan saja.

“Apalagi ini dalam pemilu kita tahun 2024, kita akan segera memasuki musim kampanye. Biasanya banyak informasi hoaks yang disebarkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Kami juga menyarankan, jika ingin menguji benar tidaknya informasi yang kita terima. Sebaiknya kita mencari informasi dan data pembanding di internet,” saran Syukur Saleh.

Sumber: Rilis Kominfo Sintang

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0