Emak Emak Diminta Gunakan Medsos Dengan Bijak

Home

Emak Emak Diminta Gunakan Medsos Dengan Bijak

SINTANG, RB - Maria Victoria Penggiat Literasi Media Sosial Kabupaten Sintang menjadi narasumber pada pelaksanaan sosialisasi penggunaan media sosial

Polsek Sintang Kota Cek Peralatan Dan Perlengkapan Untuk Pengamanan Pilkada
Resmikan Waterfront, Puan Maharani Pinta Jaga Dengan Baik
Ahir Tahun Ini Pembangunan Kantor Camat Kayan Hilir Selesai Dibangun

SINTANG, RB – Maria Victoria Penggiat Literasi Media Sosial Kabupaten Sintang menjadi narasumber pada pelaksanaan sosialisasi penggunaan media sosial yang dilaksanakan oleh Pengurus Rukun Tetangga 01 di BTN Cipta Mandiri I Kelurahan Sengkuang Kecamatan Sintang di selasar Masjid Al-Ihslah pada Sabtu, 28 Oktober 2023 sore.

Hadir pada sosialisasi tersebut Ferry Kurniadi selaku Ketua RT 01 BTN Cipta Mandiri I Kelurahan Sengkuang dan 33 orang emak-emak warga RT 01.

Maria Victoria berpesan kepada emak-emak yang tinggal di RT 01 BTN Cipta Mandiri I Kelurahan Sengkuang untuk selalu hati-hati dalam menggunakan media sosil seperti whatsapp, instagram dan facebook karena ada istilah jempol mu harimau mu.

“Bagi pengguna media sosial, agar hati-hati menggunakan jempol saat mengakses media sosial. Dulu mulut mu harimau mu, sekarang ditambah lagi dengan istilah jempol mu harimau mu,” terang Maria Victoria.

“’engirim pesan WA itu tidak boleh huruf besar semua karena dikonotasikan negatif. Teks pesan itu harus yang sederhana, mudah dipahami dan tidak menimbulkan multi tafsir oleh penerima pesan,” tambah Maria Victoria.

Ia mengatakan dalam menggunakan media sosial, jangan posting data pribadi. Karena bisa berbahaya. Data umum boleh diunggah di media sosial seperti nama, kewarganegaraan, jenis kelamin dan agama.

“Itu informasi umum, boleh diunggah. Data pribadi yang tidak boleh diunggah ke media sosial itu contohnya data kesehatan, biometrik, genetika tubuh, orientasi seksual, pandangan politik, data anak, keuangan pribadi, NIK, nomor KK, nama ibu kandung, nomor telepon, tanda tangan, pasword akun media sosial, dan data pribadi lainnya,” pesan Maria Victoria.

“Data pribadi ini sangat rentan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab dan merugikan kita sendiri,” pesan Maria Victoria.

Sumber: Rilis Kominfo Sintang

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 1