Kelam Tourism Festival 2023 Resmi Dibuka

HomeSintang

Kelam Tourism Festival 2023 Resmi Dibuka

SINTANG, RB -Pelaksanaan Kelam Tourism Festival Tahun 2023 resmi dibuka oleh Bupati Sintang di Panggung Utama yang ada di Halaman Indoor Apang Semanga

Harjono Sampaikan Pembangunan Kantor Camat kayan Hilir Selesai Tahu Ini.
Ketua DPRD Ucapkan Selamat Untuk Pengurus Apdesi Sintang
Camat Sintang Sebut Warga Antusias Sambut OP

SINTANG, RB -Pelaksanaan Kelam Tourism Festival Tahun 2023 resmi dibuka oleh Bupati Sintang di Panggung Utama yang ada di Halaman Indoor Apang Semangai pada Kamis, 26 Oktober 2023 sore.

Hendrika Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang menjelaskan bahwa kegiatan Kelam Tourism Festival merupakan agenda tahunan event kepariwisataan yang ada di Kabupaten Sintang dengan tujuan merealisasikan program pemerintah dalam tujuan pengembangan pariwisata di Indonesia.

“Tujuan KTF ini adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat luar tentang kepariwisataan yang ada di Sintang agar dikenal diseluruh Indonesia maupun mancanegara, sebagai wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif/UMKM dalam memperkenalkan produk-produk unggulan dalam pemberdayaan sumber daya, memperkenalkan alam yang masih tersedia luas di Sintang,” terang Hendrika.

Selain itu, tujuan KTF ini adalah sebagai tempat untuk penyaluran minat dan bakat masyarakat di bidang seni dan budaya, meningkatkan peran serta dari kebersamaan dan keberagaman yang ada di  Sintang, melestarikan budaya bangsa dan melaksanakan pengembangan pariwisata secara terus menerus di Sintang dan memberikan kontribusi kepada pemerintah pusat dalam meningkatkan income bagi negara serta meningkatkan pendapatan asli daerah Sintang.

“Pada malam hari juga akan ada panggung hiburan pentas seni dan budaya yang menampilkan music etnik, tarian tradisional, penampilan dari berbagai perkumpulan masyarakat yang ada di Kabupaten Sintang diantaranya masyarakat Melayu, Dayak, Jawa, Cina, Padang, Ambon, Flores, Sunda, Batak,” jelas Hendrika.

“Pada tanggal 30 Oktober 2023 malam akan hadir artis Ruri Repvblik yang akan menghibur masyarakat Sintang dan sekitarnya. Selama 10 hari juga dilaksanakan pameran ekonomi kreatif dan UMKM serta pada malam penutupan akan dihibur oleh grup band lokal dan artis-artis Kabupaten Sintang,” terang Hendrika

Hendrika Kadis Porapar Sintang memaparkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama 10 hari pelaksanaan Kelam Tourism Festival Tahun 2023 yakni :

1. Jumat, 27 Oktober 2023 akan diadakan field trip ke beberapa destinasi diantaranya Museum Kapuas Raya Sintang, Gunung Kelam ke Rumah Betang Ensaid Panjang, ke destinasi Jembatan Merah serta Kobus Centre untuk melihat produk unggulan tenun ikat Sintang.

2. Sabtu, tanggal 28 Oktober 2023 akan dilaksanakan kegiatan bike to kelam yang diikuti oleh peseta bike to kelam yang diikuti oleh pencinta sepeda dari berbagai penjuru diantaranya pontianak, sanggau, dan daerah lainnya.

3. Minggu, 29 Oktober 2023 akan diadakan sungai kapuas fishing tournament yang diikuti sampai hari ini terdaftar kurang lebih 1.700 peserta dari berbagai daerah dengan Bupati Sintang sebagai peserta dengan nomor  urut 1 dan kegiatan start didepan Keraton Sintang.

4. Senin, 30 Oktober 2023 akan dilaksanakan lomba melukis gunung kelam dengan lokasi di jembatan merah rumah kopi Bupati Sintang.

5. Selasa, 31 Oktober 2023 akan diadakan lomba foto gunung kelam dan lomba pembuatan cinderamata dengan ikon gunung kelam, kapal motor bandong, entuyut dan si bujang beji.

6. Rabu sampai Kamis tanggal 1 sampai 2 November 2023 akan dilaksanakan pendakian via ferrata gunung kelam bersama pendaki dari Mapala UI, Wannadri, Mapala Untan dan para pendaki lainnya dari berbagai daerah.

7. Jumat, 3 November 2023 akan diadakan overland offroad bersama IOF Kalbar dan komunitas mobil lainnya selama 2 malam serta serta senam sehat massal yang diadakan di Kelam Permai.

8. Sabtu, 4 November 2023 akan dilaksanakan air gun yaitu kejuaraan menembak bersama perbakin sintang.

Sumber: Rilis Kominfo Sintang

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0