Kesbangpol Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

Home

Kesbangpol Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

SINTANG, RB - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang menyelenggarkan Kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Program Paskibraka Duta

Ronny : Kendala Membangun karena Dana Yang Minim
Dinsos Masih Tampung 7 ODGJ
Kolaborasi Penindakan Baliho Caleg

SINTANG, RB – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang menyelenggarkan Kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Program Paskibraka Duta Pancasila di Aula SMKN 1 Sintang Tanggal 12 Oktober 2023.

Hadir memberikan materi adalah Kepala Bidang Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa pada Badan Kesbangpol Kabupaten Sintang Fransiska Leni Marlina dan peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut terdiri dari Pelajar Kelas X sebanyak 750 orang, yang bersamaan dgn kegiatan Pengukuhan Pramuka, Paskibraka dan PMR dilingkungan SMKN 1 Sintang.

Fransiska Leni Marlina Kepala Bidang Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa pada Badan Kesbangpol Kabupaten Sintang menjelaskan bahwa sosialisasi Wawasan Kebangsaan bagi para pelajar, sebagai bentuk kepedulian bersama atas minimnya ideologi dan wawasan kebangsaan yang mulai terkikis oleh perkembangan jaman juga dinamika situasi, sehingga perlu dilakukan upaya penyelamantan agar tetap tumbuh wawasan kebangsaan di kalangan remaja atau pelajar.

“Kegiatan ini merupakan sosialisasi wawasan mengenai ideologi dan wawasan kebangsaan. Badan Kesbangpol Kabupaten Sintang mulai tahun 2023 ini sudah mulai menangani proses seleksi dan pembinaan Paskibraka Duta Pancasila. Siswa SMK Negeri 1 Sintang perlu tahu program Paskibraka. Tahun 2024 saya berharap ada banyak pelajar SMK Negeri 1 Sintang yang bisa ikut seleksi dan banyak yang lolos seleksi,” terang Fransiska Leni Marlina.

Fransiska Leni Marlina menjelaskan 4 Pilar yakni NKRI, UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika. Demi mencegah akibat kerawanan ideologi dan wawasan kebangsaan dan terjadinya penurunan rasa kebangsaan diantara remaja, maka diperlukan tindakan tegas untuk menumbuhkan wawasan anak-anak bangsa.

“Kami juga akan melaksanakan sosialisasi ini kebeberapa sekolah di dalam Kota Sintang. Hal ini dilakukan untuk menanggulangi, adanya masalah remaja seperti kenakalan, penyalahgunaan narkoba, perselisihan maupun pertikaian dikalangan pelajar,” terang Fransiska Leni Marlina

Ia mengatakan manfaat setelah mengikuti sosialisasi ini, pelajar yang menjadi sasaran dapat menumbuhkan kembali rasa kebangsaan yang mulai memudar serta mampu meningkatkan wawasan mereka tentang Pancasila.

“Nantinya, kami akan melakukan evaluasi dan monitoring, apakah sosialisasi ini berdampak dan bisa diterapkan secara baik di kalangan remaja, kami akan melakukan tinjauan kembali dalam satu bulan kedepan tentang apa yang kami sampaikan ini,” pungkas Fransiska Leni Marlina

Sumber: Rilis Kominfo Sintang

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0