Sekda Sintang Berikan Arahan di Musrenbang Kecamatan Sintang

Home

Sekda Sintang Berikan Arahan di Musrenbang Kecamatan Sintang

SINTANG – Yosepha Hasnah, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang berikan arahan dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat

Dewan Sarankan Dishub Bikin Skema Parkir di Kawasan Waterfront
Komisi A Sambut Baik Perda Pemindahan Ibu kota Kecamatan Kayan Hilir Dan Kayan Hulu
Dewan Ingatkan Remaja Tak Menikah di Usia Dini

SINTANG – Yosepha Hasnah, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang berikan arahan dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Sintang Tahun 2023 di Aula Kantor Desa Baning Kota, Kecamatan Sintang. Selasa (07/02/2023).

Dalam Musrenbang yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sintang tersebut, Yosepha mengatakan bahwa Musrenbang ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk menampung usulan pembangunan dari masyarakat, atau yang lebih di kenal dengan sebutan prinsip bottom up.

Maka dari itu, Yosepha menegaskan agar kepala desa dapat menyusun perencanaan yang menjadi prioritas saja. Ia menyarankan agar perencanaan prioritaskan dengan pelayanan dan kebutuhan masyarakat.

“Kades saya harap dalam menyusun perencanaan jangan banyak-banyak, tapi perlu ditetapkan mana yang menjadi skala prioritas saja. Upayakan perencanaan itu memang berkaitan langsung dengan pelayanan dan kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

“Contohnya infrastruktur jalan dan jembatan, karena memang beberapa wilayah di Kecamatan Sintang ini berada di dataran rendah dan selalu terendam banjir. Prioritas lainnya di bidang kesehatan pendidikan. Desa kita dorong menjadi desa yang maju dan mandiri ke depannya,” imbuh nya.

Yosepha Hasanah juga mengingatkan kepada kepala desa dan lurah di Kecamatan Sintang khususnya harus lebih proaktif dan inovatif. Karena menurutnya saat ini masih sangat diperlukan pembangunan infrastruktur.

“Kita ini masih sangat perlu pembangunan infrastruktur, tetapi pemerintah pusat memberikan arahan. Malah anggaran untuk Dinas PU sedikit, dan anggaran untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan jauh lebih besar,” pungkas nya.

Di lain sisi Camat Sintang, Tatang Supriyatna menyampaikan bahwa Musrenbang ini merupakan tahapan perencanaan dalam pembangunan untuk di tahun 2024.

“Musrenbang menunjukan bahwa proses perencanaan pembangunan memegang prinsip bottom up dan partisipatif. Tema Musrenbang kita tahun ini adalah ‘Perencanaan yang Lestari, Ekonomi yang Kuat dan Stabil, Daya Saing Manusia, Meningkatkan Kualitas Infrastruktur dan Tata Kelola Pemerintah Yang Baik’,” terangnya.

 

Sumber: Rilis Prokopim Sintang
Editor: Tim Redaksi

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0