Minta Camat, Kades/Lurah Tekan Kasus Stunting

HomeParlemen

Minta Camat, Kades/Lurah Tekan Kasus Stunting

SINTANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Agustinus Aci beraharap peran Camat, Kades/Lurah hingga kader posyandu bers

DPMPTSP Diharapkan Dapat Meningkatkan Pelayanan Perizinan Pada Masyarakat
Dewan Apresiasi Pelatihan IBI Sintang
Ketua Dewan Minta Kades Serap dan Akomodir Aspirasi Masyarakat Desa

SINTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Agustinus Aci beraharap peran Camat, Kades/Lurah hingga kader posyandu bersatu padu dalam hal penanganan stunting di setiap wilayahnya masing-masing.

“Kami minta camat, kades/lurah ikut memantau langsung ke lapangan. Lakukan pendataan bayi yang ada di desanya masing-masing. Begitu juga bidan kami minta terus memantau pertumbuhan bayi agar tidak stunting,” kata Agustinus Aci ketika ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen Sintang, belum lama ini.

Bila ditemukan kasus stunting, Agustinus Aci menyarankan agar segera diidentifikasi apa penyebabnya kemudian ditangani bersama-sama.

“Tentunya kami sangat berharap pertumbuhan bayi di wilayah kita ini normal semua dan terhindar dari stunting,” ujar Agustinus Aci berharap.

Persoalan stunting, ungkap Agustinus Aci, bukan menjadi tanggungjawab sepihak saja, tapi merupakan tanggungjawab semua pihak. Sebab untuk menekan angka stuting dibutuhkan sinergitas dari berbagai stakeholder terkait.

“Jadi, upaya menekan stunting menjadi tanggungjawab semua pihak, maka camat, kades, dan lurah harus cepat bergerak bila menemukan kasus stunting. Laporkan ke tingkat kabupaten sehingga dapat diambil langkah-langkah strategis,” kata Agustinus Aci.

Seperti diketahui, stunting adalah gangguan perkembangan pada anak yang disebabkan gizi buruk, terserang infeksi yang berulang, maupun stimulasi psikososial yang tidak memadai.

“Jadi, stunting ini masalah gizi kronis yang disebabkan kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama. Untuk itu, kami minta agar ibu dalam masa kehamilan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan sehingga hal-hal yang dapat menimbulkan stunting dapat dicegah,” pungkas Agustinus Aci, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Sepauk – Kecamatan Tempunak ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0