Sarankan Dinkes Gencar Sosialisasi untuk Tekan Angka Kematian Ibu Melahirkan

Home

Sarankan Dinkes Gencar Sosialisasi untuk Tekan Angka Kematian Ibu Melahirkan

SINTANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kartimia Mawarni meminta kepada Dinas Kesehatan serta jajarannya agar menek

Tingkatkan Sarpras untuk Wujudkan Pelayanan Kesehatan Prima
Bupati Sintang Harap Pengurus DAD Sintang Terlantik Dapat Jaga 3 Hutan Adat
Penjelasan Disnakertrans Terkait UMK Sintang

SINTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kartimia Mawarni meminta kepada Dinas Kesehatan serta jajarannya agar menekan angka kematian ibu melahirkan.

“Kami harap angka kematian ibu melahirkan dapat ditekan atau dicegah sejak dini,” ujar Kartimia Mawarni ketika ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen Sintang, baru-baru ini.

Untuk menekannya, Kartimia Mawarni menyarankan agar Dinas Kesehatan dan jajarannya kembali gencar memberikan edukasi atau sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan pada masa kehamilan secara rutin. Hal ini bisa dilakukan melalui pelayanan kesehatan, seperti Posyandu, Pustu, dan Puskesmas terdekat.

“Kami harap sosialisasi untuk mengajak masyarakat rutin melakukan pemeriksaan kehamilan dapat terus dilakukan, karena hal ini dapat menekan angka kematian ibu melahirkan,” kata srikandi DPRD Sintang.

Sisi lainnya, Kartimia Mawarni juga minta agar Dinas Kesehatan dan jajarannya dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama pada kawasan pedalaman dan perbatasan di kabupaten yang berjuluk “Bumi Senentang” ini.

“Ya, kita minta tingkatkan lah semuanya, baik itu kualitas pelayanan maupun kapasitas tenaga kesehatan itu sendiri. Dan terpenting adalah intens melakukan sosialisasi di berbagai bidang, agar masyarakat kita memahami betul bahwa sehat itu penting,” ungkap Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Tak hanya itu, Kartimia Mawarni juga berharap jumlah tenega kesehatan (Nakes), khususnya di kawasan pedalaman maupun perbatasan di daerah ini agar dapat dimaksimalkan.

“Artinya, memadai lah tenaga kesehatannya, sehingga masyarakat dapat rutin memeriksakan kesehatannya. Karena kalau kita lihat di kawasan pedalaman dan perbatasan masih minim ya. Untuk itu, kami berharap pemerintah daerah juga memperhatikan sebaran tenaga kesehatan agar terjadinya pemerataan,” pungkas Kartimia Mawarni, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Binjai Hulu – Kecamatan Ketungau Hilir – Kecamatan Ketungau Tengah – Kecamatan Ketungau Hulu ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0