Desak Pemerintah Perhatikan Desa Tertinggal

HomeParlemen

Desak Pemerintah Perhatikan Desa Tertinggal

SINTANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kusnadi mengatakan pembangunan daerah tertinggal tiap desa yang ada di Kabu

Sejumlah Fraksi Soroti Aksi Parkir Konfoi Armada Damkar Di Halama kantor DPRD
Dewan Mengajak Masyarakat Untuk Menjaga Bersama Sama Ruang Terbuka Hijau
Ketua DPRD Sintang: Perlu Alokasi Perbaika Infrastruktur Pada APBD 2024

SINTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kusnadi mengatakan pembangunan daerah tertinggal tiap desa yang ada di Kabupaten Sintang perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah.

“Desa yang masuk kategori tertinggal perlu diperhatikan, cara bisa dilakukan menggenjot pembangunan di desa tersebut agar tidak tertinggal,” ungkap Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ketika ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen Sintang, Jumat (2/12/2022).

Bila dibiarkan berlarut, kata Kusnadi, akan berdampak negatif pada sejumlah sektor pembangunan. Seperti penyebaran penduduk tidak merata, meningkatkatnya angka pengangguran dan kemiskinan.

“Artinya, persoalan ini harus benar-benar diperhatikan pemerintah daerah kita,” ujar Kusnadi.

Jika suatu daerah tidak mengalami kemajuan atau tetap tertingga, maka kata Kusnadi, masyarakat atau para pemuda akan banyak meninggalkan desanya untuk mengadu nasib di kawasan perkotaan.

“Kondisi seperti ini tentu sudah banyak terjadi di beberapa daerah lain. Untuk itu, kami minta hal serupa tidak mendominasi di daerah kita, sehingga para pemuda dapat memajukan dan mengembaangkan desanya masing-masing. Nah, tentunya ini butuh perhatian dari pemerintah daerah kita agar dapat menciptkan program pemberdayaan masyarakat yang dapat dimanfaatkan masyarakat desa untuk meningkatkan perekenomian mereka,” ulas Kusnadi.

Selain itu, kata Kusnadi, apabila banyak migrasi penduduk dari wilayah pedesaan ke perkotaan tentu akan berdampak terhadap meningkatnya jumlah penduduk di kota.

“Dan itu sama saja dapat mengakibatkan tingkat pengangguran meningkat. Karena belum tentu mereka yang dari pedesaan ke perkotaan itu mendapatkan pekerjaan. Jadi persoalan ini harus benar-benar diperhatikan dan dicarikan solusinya lah ya,” pungkas Kusnadi, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Sepauk – Kecamatan Tempunak ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0