Maksimalkan Potensi Pasar Rakyat

HomeParlemen

Maksimalkan Potensi Pasar Rakyat

SINTANG - Pemerintah Kabupaten Sintang didorong agar memperkuat ekonomi kerakyatan dengan memaksimalkan kembali potensi-potensi pasar rakyat tradision

Ketua DPRD Hadiri Deklarasi Pemilu Damai FKUB Sintang
Fraksi Hanura Dan PAN Dorong Penanganan Lahan Eks PT Jake Dan CKS
Anggota DPRD Dapil Serawai- Ambalau Dorong Perbaikan Jalan Simpang Medang-Serawai Ambalau

SINTANG – Pemerintah Kabupaten Sintang didorong agar memperkuat ekonomi kerakyatan dengan memaksimalkan kembali potensi-potensi pasar rakyat tradisional.

Sebab, kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri, pasar rakyat merupakan sektor utama penggerak ekonomi kerakyatan. Karenanya, program revitalisasi yang dicanangkan-canangkan pemerintah pusat (Pempus) dapat menyentuh pasar-pasar tradisional di kabupaten ini.

“Bila program revitalisasi ini berjalan, maka eksistensi pasar rakyat akan tetap kuat dan mampu bersaing dengan toko-toko modern yang semakin berkembang pesat saat ini,” kata Politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ketika ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen Sintang, Jumat (2/12/2022).

Pembangunan atau revitalisasi pasar rakyat disarankannya tak hanya fokus pada pembangunan fisik saja. Tetapi, nonfisik juga penting dilakukan. Seperti pengelolaan pasar rakyat dan melakukan pembinaan kepada para pedagang agar lebih kreatif untuk bersaing dengan toko-toko modern.

“Fisik dibangun megah-megah, namun pedagang tidak dibina dan diberikan pelatihan untuk meningkatkan daya saing mereka, sama saja bohong. Harusnya keduanya berjalan dengan seirama sehingga upaya kita untuk meningkatkan ekonomi dapat tercapai,” ujar Heri Jambri menyarankan.

Untuk memperkuat peran pasar rakyat dalam perekonomian daerah, kata Heri Jambri, diperlukan sinergitas semua pihak yang berkaitan langsung. Terutama dalam melakukan pembangunan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas pengelolaan pasar rakyat.

“SNI pasar rakyat kami harapkan dapat menjadi rujukan agar pasar rakyat dapat menjadi rumah ekonomi yang memiliki daya saing dengan tetap mempertahankan kearifan lokal daerah,” pungkas Heri Jambri, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Binjai Hulu – Kecamatan Ketungau Hilir – Kecamatan Ketungau Tengah – Kecamatan Ketungau Hulu ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0