Santosa Ajak Pemilih Pemula Sukseskan Pemilu

HomeParlemen

Santosa Ajak Pemilih Pemula Sukseskan Pemilu

SINTANG - Pemilih pemula dinilai sangat berperan penting dalam pelaksanaan pesta demokrasi, bahkan pemilih pemula ini bisa terlibat langsung dalam men

Sosialisasi Narkoba Perlu Ditingkatkan
Manfaatkan Potensi SDA dan SDM untuk Kembangkan Ekonomi Kreatif
Kembangkan Sektor Pariwisata di Bumi Senentang

SINTANG – Pemilih pemula dinilai sangat berperan penting dalam pelaksanaan pesta demokrasi, bahkan pemilih pemula ini bisa terlibat langsung dalam mengawasi setiap tahapan pemilu.

“Artinya, peran pemilih pemula ini begitu luas, mereka bisa membantu untuk sosialisasi serta membantu pendidikan politik bagi pemilih,” ungkap Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa ketika ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen Sintang, baru-baru ini.

Menurut Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), peranan pemilih pemula juga bisa menjadi pemantau jalannya pelaksanaan tahapan pemilu, serta melakukan survei atau jejak pendapat dan hitung cepat hasil pemilihan.

“Pastinya bagi remaja yang sudah memenuhi persyaaratan bisa menjadi peserta Pemilu,” ucap Santosa berpendapat.

Santosa mengungkapkan bahwa Pemilu merupakan sarana kedaulatan rakyat untuk memilih dan menentukan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Presiden dan Wakil Presiden. Selain itu, juga untuk memilih  anggota DPRD yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945.

Karenanya, Santosa berharap peran pemilih pemula pada tiap proses tahapan Pemilu dapat terus meningkat.

“Kami berharap pemilih pemula dapat mengambil perannya masing-masing. Karena keterlibatan mereka dalam pesta demokrasi begitu penting, terutama pada tingkat partisipasi pemilih,” pungkas Santosa, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Kayan Hilir – Kecamatan Kayan Hulu ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0