Dewan Imbau Perusahaan Perhatikan K3

Home

Dewan Imbau Perusahaan Perhatikan K3

SINTANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus mengimbau agar dunia usaha mengoptimalkan upaya-upaya pencegahan

Desa di Sintang Diminta Berinovasi
Satpol PP Gelar Rakor
Pemda Sintang Diminta Normalisasi Drainase

SINTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus mengimbau agar dunia usaha mengoptimalkan upaya-upaya pencegahan terjadinya kecelakaan kerja. Sebab hal ini akan berpengaruh pada produktivitas.

“Artinya, kecelakaan tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, kerugian moril, dan kerusakan lingkungan. Tapi juga mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat,” kata Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuang (PDIP) ketika ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen Sintang, baru-baru ini.

Setidaknya, kata Welbertus, ada tiga hal yang bisa menciptakan masyarakat berbudaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Pertama adalah komitmen pimpinan perusahaan. Kedua, keterlibatan pekerja atau buruh. Ketiga, tersedianya akses untuk masukan kritik dan saran untuk perbaikan K3.

Olehkarenanya, Welbertus mengajak semua pihak untuk menggelorakan K3 agar dapat terlaksana dengan efektif dan efisien di semua tempat kerja.

“Dengan kerjasama dan koordinasi yang baik, diharapkan mampu mrningkatkan dan memotivasi pelaksanaan K3 di ruang lingkup kerja dan kewenangan masing-masing,” kata Wrlbertus berpendapat.

Peran pemerintah daerah, kata Welbertus, harus dapat memastikan keamanan, keselamatan dan kesehatan para pekerja dalam kondisi baik.

“Artinya, kesehatan dan keselamatan kerja merupakan upaya kita bersama dalam menciptakan lingkungam kerja yang sehat dan aman, sehingga dapat mengurangi probabilitas kecelakaan kerja atau atau penyakit yang akibat kelalaian yang mengakibatkan demotivasi dan defisiensi produktivitas kerja,” pungkas Welbertus, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sintang 1 ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0