Anastasia: Pemuda Harus jadi Corong Pembangunan Daarah

HomeParlemen

Anastasia: Pemuda Harus jadi Corong Pembangunan Daarah

SINTANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Anastasia mengharapkan keterlibatan peran pemuda di berbagai sektor dapat m

Dewan Minta Eks Tambang Emas Dihijaukan Kembali
Perketat Pengawasan dan Pendistribusian Pupuk Subsidi
PPKM Resmi Dicabut, Dawan Ingatkan Masyarakat Tetap Prokes dan Lengkapi Vaksinasi Dosis Satu hingga Booster

SINTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Anastasia mengharapkan keterlibatan peran pemuda di berbagai sektor dapat menjadi corong pembangunan daerah serta mampu memberikan informasi positif kepada masyarakat.

“Sekarang ini dunia dalam genggaman, melalui smartphone berbagai informasi dapat diperoleh. Tapi pemanfaatannya harus dilakukan dengan berbagai hal yang positif,” ujar Anastasia ketika ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen Sintang, belum lama ini.

Selain menyampaikan informasi dengan benar kepada lapisan masyarakat, Anastasi menilai, pemuda juga dapat mengawal dan mengawasi tiap program pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah.

“Caranya bisa dilakukan dengan berpartisipasi aktif dalam mengawal transparansi pada penggunaan DD dan ADD pada masing-masing desa. Tentunya hal ini penting ya, kalau bukan mereka siapa lagi Artinya, peran pemuda dalam proses pembangunan begitu besar, hal ini harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh pemuda kita saat ini,” tutur Anastasia.

Begitu besarnya dana DD dan ADD yang digelontorkan pemerintah pada masing-masing desa dibutuhkan pengawasan dari semua pihak, agar alokasi anggaran tersebut tepat sasaran.

“Jadi sistem pengawasan tidak hanya pada aparat hukum saja. Nah, disinilah peran pemuda untuk mengingatkan dan memberikan informasi bagi pemerintah desa dalam mengelola DD dan ADD sesuai aturan dan peruntukannya,” ungkap Anastasia.

Salah satu lagi yang dapat dilakukan pemuda adalah mengawasi tiap program pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah maupun desa.

“Pemuda dapat mengawasi jalannya program pembangunan yang telah disahkan melalui APBD maupun APBDes. Karena tiap kegiatan pembangunan yang dilakukan sudah jelas tertuang pada postur APBD dan APBDes. Jadi, inilah tugas dan peran kita sebagai pemuda untuk mengawasi dan mendorong agar pemanfaatannya dapat tepat sasaran,” pungkas Anastasia, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Kayan Hilir – Kayan Hulu ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0