Perusahaan Kebun Diminta Pelihara dan Tingkatkan Jalan Desa Binaan

Home

Perusahaan Kebun Diminta Pelihara dan Tingkatkan Jalan Desa Binaan

SINTANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Markus Jembari kembali mengingatkan kepada seluruh perusahaan perkebunan ya

Kapolda Minta Polres Sintang Tindak Tegas Pelanggar Prokes
Wabup Sintang Ingatkan Kepala Desa dan BPD Harus Harmonis
Agustinus Aci: Perhatikan Jalan Poros Desa!

SINTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Markus Jembari kembali mengingatkan kepada seluruh perusahaan perkebunan yang berpoerasional di kabupaten ini agar dapat menjaga, memelihara, dan mekakukan peningkatan jalan pada desa binaannya masing-masing.

Lantaran, kata Markus Jembari, ruas jalan desa binaan tiap perusahaan saat ini kondisinya banyak memprihatinkan, sehingga upaya perusahaan untuk turut andil sangat diperlukan.

Bila mengandalkan ADD dan DD tiap desa, maka dirinya pesimis. Sebab untuk memelihara dan melakukan peningkatan jalan diperlukan dana yang tidak sedikit.

“Kalau mengandalkan dana desa dan ADD kami rasa sulit ya. Tapi kalau perusahaan perkebunan ini ikut berperan membantu, maka sejumlah ruas jalan desa dapat ditangani,” kata Politikus Partai Demokrat (PD) ketika ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen Sintang, baru-baru ini.

Menurut Markus Jembari, seluruh perusahaan perkebunan yang berpoerasional di kabupaten yang berjuluk “Bumi Senentang” ini memiliki kewajiban dan tanggungjawab pada persoalan yang terjadi kawasan sekitarnya, terutama pada tiap desa binaanya.

“Hal tersebut sudah seharusnya dilakukan pihak perusahaan, baik itu melalui program CSR maupun lainnya,” kata Markus Jembari berpendapat.

Sisi lainnya, Markus Jembari minta kepada perusahaan perkebunan agar dapat mendukung pembangunan yang ada di kabupaten ini.

“Caranya dapat dilakukan dengan melakukan sinkronisasi program pembangunan daerah dengan program pemberdayaan yang ada di tiap perusahaan perkebunan. Dengan begitu, peran perusahaan tidak hanya meraup keuntungan saja, tapi juga berperan dalam membangun daerah ini, terutama dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat tiap desa binaanya,” pungkas Markus Jembari, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Kelam Permai – Kecamatan Dedai – Kecamatan Sungai Tebelian ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0