Dorong Dekranasda Kembangkan Produk Kerajinan Lokal Daerah

Home

Dorong Dekranasda Kembangkan Produk Kerajinan Lokal Daerah

SINTANG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang mendorong agar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di kabupaten ini dapat m

Tekan Angka Kemiskinan di Sintang
Manfaatkan Layanan Pengobatan Gratis
Masih Banyak Desa di Sintang Belum Teraliri Listrik

SINTANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang mendorong agar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di kabupaten ini dapat meningkatkan dan mengembangkan produk kerajinan daerah.

Hal ini penting untuk dilakukan. Pasalnya, Dekranasda memiliki tugas dan fungsi atau tupoksinya untuk mendukung kebijakan pemerintah daerah dalam melakukan pembangunan.

Olehkarenanya, anggota DPRD Sintang, Kartimia Mawarni menyarankan agar Dekranasda dapat terus meningkatkan inovasi dan kreativitas serta keterampilan pengrajin di daerah ini.

“Sehingga mampu meningkatkan dan mengembangkan potensi industri kerajinan lokal daerah kita ini. Tentunya ini erat kaitannya dengan upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar tetap produktif,” kata Srikandi DPRD Sintang ini ketika ditemui Radarbirneo.id di Gedung Parlemen Sintang, baru-baru ini.

Selain itu, kata Kartimia Mawarni, Dekranasda juga memiliki peran penting agar semua produk kerajinan lokal daerah ini dapat dipasarkan dan dikenal luas oleh masyarakat.

“Kami harap produk kerajinan daerah ini dapat berkembang mengikuti tren saat ini. Tentunya dengan kualitas dan harga yang bersaing, sehingga produk kerajinan kita dapat terserap pasar hingga ke tingkat Nasional maupun Internasional,” kata Kartimia Mawarni mmenyarankan.

Untuk mewujudkan semua itu, kata Kartimia Mawarni, dibutuhkan sinergitas antara semua pihak, termasuk pemasaran produk di era digital yang kian kompetitif.

“Hal seperti ini penting untuk diperhatikan, dengan memasukkan unsur-unsur keunikan budaya dan kearifan lokal, yang tidak saja akan mempromosikan kualitas produk tetapi juga nilai filosofi dalam produk tersebut,” pungkas Kartimia Mawarni, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Binjai Hulu – Kecamatan Ketungau Hilir – Kecamatan Ketungau Tengah – Kecamatan Ketungau Hulu ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0