Peran dan Kerjasama Lintas Sektoral Diyakini Mampu Tekan Stunting

Home

Peran dan Kerjasama Lintas Sektoral Diyakini Mampu Tekan Stunting

SINTANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Mainar Puspa Sari menyambut baik serta mengapresiasi kerjasama yang dilakuk

Hadapi Bencana Alam, BPBD Sintang Terus Pelihara Peralatan Yang Sudah Ada
Ketua Komisi C: Pemerintah dan Masyarakat Perangi DBD Sintang
Galeri Motor Bandong Raih Juara Kedua Kategori Destinasi Unik di Indonesia

SINTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Mainar Puspa Sari menyambut baik serta mengapresiasi kerjasama yang dilakukan pemerintah daerah bersama USAID ERAT sebagai upaya menekan angka stunting di kabupaten ini.

“Jalinan kerjasama ini patut kita dukung dan apresiasi, sehingga upaya kita bersama untuk melakukan percepatan penurunan angka stunting dapat dilakukan dengan baik,” ungkap Srikandi DPRD Sintang ini ketika ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen Sintang, kemarin.

Dalam melakukan percepatan penurunan angka stunting, kata Politisi Partai Demokrat (PD) ini, dibutuhkan peran serta semua pihak. Sebab, bila hanya dilakukan pemerintah daerah melalui instansi terkaitnya, maka upaya percepatan tidak akan membuahkan hasil yang signifikan.

“Untuk itu, koordinasi lintas sektoral dan multi stakeholder harus tetap berjalan dengan baik, sehingga upaya kita dalam melakukan percepatan penurunan angka stunting dapat tercapai sesuai target yang ditentukan,” kata Mainar Puspa Sari.

Perihal tersebut dinilainya penting. Sebab menurut Mainar Puspa Sari, komunikasi dari tiap stakeholder agar dapat ditingkatkan atau dioptimalkan kembali, sehingga peran masing-masing sesuai dengan indikator rencana aksi.

“Setiap indikator yang ada pada rencana aksi nasional memiliki leading sektor masing-masing dari setiap OPD yang bertanggungjawab, jadi harus kita optimalkan. Meskipun itu leading sektor dari satu OPD, tidak menutup kemungkinan juga bahwa indikator tersebut memerlukan kolaborasi dari OPD lain sehingga harus saling berkomunikasi,” tegas Mainar Puspa Sari.

Melalui kegiatan lokakarya ini, Mainar Puspa Sari berharap Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sintang dapat mengidentifikasi dan memetakan masalah atau kendala sebagai bahan penyusunan rencana tindak lanjut bersama.

“Tentunya sebagai bagian intervensi pelaksanaan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Sintang,” pungkas Mainar Puspa Sari, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sintang 1 ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0