Pemerintah Diminta Antisipasi Dini Potensi Konflik pada Pemilu 2024

Home

Pemerintah Diminta Antisipasi Dini Potensi Konflik pada Pemilu 2024

SINTANG - Setakat ini, segala proses dan tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 telah dimulai. Berbagai hal kemungkinan dan dampak

Tata Ulang Pembangunan dan Perhatikan Kawasan Kumuh
UMKM Berkontribusi Untuk Meningkatkan PAD
Camat Berikan Semangat Bagi Tim Kayan Hulu

SINTANG – Setakat ini, segala proses dan tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 telah dimulai. Berbagai hal kemungkinan dan dampak negatif perlu diantisipasi bersama, termasuk ancaman atau potensi konflik sosial pada pelaksanaan Pemilu mendatang.

“Kondisi ini tentunya harus menjadi perhatian kita bersama, karena berpotensi menimbulkan perselisihan politik yang dapat menjadi pemicu konflik sosial di tengah masyarakat, terutama pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang,” ungkap Heri Jambri, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang ketika ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen Sintang.

Segala potensi konflik sosial pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang perlu diantisipasi sejak dini oleh semua pihak yang berkaitan.

“Bila tidak diantisipasi maka akan menimbulkan dampak besar dan berkepanjangan. Tentunya aparat keamanan juga merasakan kesulitan dan berpengaruh pada situasi Kamtibmas serta keberhasilan penyelenggaraan Pemilu 2024,” kata Politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini berpendapat.

Dengan melihat segala kemungkinan-kemungkinan yang bakal terjadi tersebut, Heri Jambri menyarankan agar pemerintah daerah dan semua pihak yang berkaitan untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang, agar mulai mengambil langkah konkret dan strategis sebagai upaya mengantisipasi dini konflik sosial.

“Saya rasa ini perlu menjadi perhatian serius ole semua pihak, dan pemerintah kami sarankan agar mencari langkah pencegahan yang komprehensif karena dapat berpotensi menimbulkan konflik horizontal,” ujar Heri Jambri mengingatkan.

Walau demikian, Heri Jambri mengajak dan mengimbau baik itu parpol, pendukung serta seluruh komponen masyarakat di kabupaten yabg berjuluk “Bumi Senentang” ini agar dapat menciptakan situasi dan kondisi wilayah yang kondusif.

“Mari kita wujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai, dan kondusif di Bumi Senentang ini. Hindari segala potensi yang dapat menimbulkan konflik sosial di tengah masyarakat, dan tetaplah kompak dengan kebersamaan dan keharmonisan yang telah terbangun hingga sejauh ini,” pungkas Heri Jambri, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Binjai Hulu – Kecamatan Ketungau Hilir – Kecamatan Ketungau Tengah – Kecamatan Ketungau Hulu ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0