Jaga dan Lestarikan Rumah Betang Tampun Juah dengan Berbagai Kegiatan Seni Budaya

Home

Jaga dan Lestarikan Rumah Betang Tampun Juah dengan Berbagai Kegiatan Seni Budaya

SINTANG - Masyarakat adat Dayak diharapkan dapat memanfaatkan keberadaan Rumah Betang Tampung Juah yang terletak di Desa Jerora 1, Kecamatan Sintang d

Perkuat Semua Lini untuk Hadapi Transisi Pandemi ke Endemi Covid-19
Setujui Raperda APBD 2024, Fraksi Hanura Minta Fokuskan Belanja Produktif, Tingkatkan  Belanja Modal, Kurangi Belanja Oprasional
Harapan DPRD Sintang Terhadap APBD 2024

SINTANG – Masyarakat adat Dayak diharapkan dapat memanfaatkan keberadaan Rumah Betang Tampung Juah yang terletak di Desa Jerora 1, Kecamatan Sintang dengan menggelar berbagai kegiatan seni budaya, dan tradisi yang ada.

Ihwal ini penting untuk dilakukan agar warisan adat budaya para leluhur tetap terjaga dan dilestarikan dengan baik.

“Rumah betang ini milik kita semua, jadi harus kita jaga dan lestarikan,” ujar Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward ketika ditemui Radarborneo.id, belum lama ini..

Menurut Jeffray Edward, dalam upaya menjaga dan melestarikan keberadaan rumah betang ini, masyarakat adat Dayak dapat menggelar berbagai kegiatan, seperti lomba lagu daerah dan pakaian kreasi daerah dan lainnya.

“Sehingga tradisi adat budaya masyarakat Dayak dapat terus dilestarikan, meski kita di tengah era perkembangan digitalisasi,” kata Jeffray Edward yang juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang ini.

Karenanya, Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, minta kepada generasi penerus, khususnya para pemuda di kabupaten yang berjuluk “Bumi Senentang” ini dapat memanfaatkan berbagai kegiatan adat, budaya, dan tradisi masyarakat Dayak dengan mengkolaborasikan perkembangan era perkembangan digitalisasi saat ini.

“Sehingga upaya kita bersama dalam melestarikan peninggalan para leluhur kita ini terus terjaga dengan baik,” kata Jeffray Edward.

Kendati demikian, kata Jeffray Edward, dalam menjaga dan melestarikan seni budaya dan tradisi masyarakat Dayak tidak hanya menjadi tanggungjawab satu pihak, tapi menjadi tanggungjawab bersama, termasuk generasi muda saat ini.

“Keberagaman kebudayaan dan tradisi suatu daerah merupakan kekayaan serta identitas suatu daerah sebagai upaya memajukan kebudayaan nasional di tengah dinamika perkembangan dunia. Untuk itu, pemuda sebagai generasi penerus harus mampu menjaga dan melestarikannya,” pungkas Jeffray Edwar, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Kelam Permai – Kecamatan Dedai – Kecamatan Sungai Tebelian ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0