Dewan Ingatkan Perusahaan Perkebunan Serap Tenaga Kerja Lokal

Home

Dewan Ingatkan Perusahaan Perkebunan Serap Tenaga Kerja Lokal

SINTANG - Perusahaan swata yang beroperasional di Kabupaten Sintang diharapkan dapat menyerap tenaga kerja lokal sesuai dengan syarat dan kualifikasi

Fraksi Demokrat Usulkan Pengadaan Jaringan PLN ke Perkampungan Warga
Jangan Salah Gunakan Dana Desa
Fraksi Hanura Ingatkan OPD Serap Naggran Di Ahir Tahun

SINTANG – Perusahaan swata yang beroperasional di Kabupaten Sintang diharapkan dapat menyerap tenaga kerja lokal sesuai dengan syarat dan kualifikasi jabatan yang dibutuhkan, terutama perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit.

Ihwal inipun bertujuan untuk mengurangi atau menekan angka pengangguran di kabupaten yang berujul “Bumi Senentang” ini. Sebab, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Zulherman menilai minimnya perusahaan perkebunan yang beroperasional di kabupaten ini menyerap tenaga kerja lokal.

Padahal, kata Zulherman, tiap perusahaan swsasta ketika ingin berinvestasi di kabupaten ini, telah berkomitmen untuk menyerap tenaga kerja lokal dengan memberdayakan masyarakat setempat.

“Kalau kita lihat, sampai hari ini perusahaan swasta belum menjalankan komitmennya, terutama pada penyerapan tenaga kerja lokal,” kata Zulherman ketika ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen Sintang, baru-baru ini.

Karenanya, Zulherman menyarankan pemerintah daerah melalui instansi terkaitnya agar dapat mengingatkan kembali kewajiban tiap perusahaan yang melakukan aktivitas di kabupaten ini.

“Kami rasa OPD terkait dapat memberikan atensi  dan mengingatkan kembali kewajiban tiap perusahaan, khususnya hal yang menyangkut dengan penyerapan tenaga kerja lokal,” ulas Zulherman.

Selain itu, Zulherman minta pada instansi terkait agar dapat memberikan pelatihan – pelatihan kepada masyarakat, sehingga mereka dapat direkrut tiap perusahaan perkebunan sawit.

“Tentunya pelatihan yang sesuai dengan syarat dan kualifikasi bidang yang dibutuhkan tiap perusahaan perkebunan kelapa sawit,” pungkas Zulherman, wakil rakyatndari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Binjai Hulu – Kecamatan Ketungau Hilir – Kecamatan Ketungau Tengah – Kecamatan Ketungau Hulu ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0