Sarankan Warga Lokal jadi Penyuluh Kelapa Sawit

HomeParlemen

Sarankan Warga Lokal jadi Penyuluh Kelapa Sawit

SINTANG - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sintang melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkaitnya disarankan agar dapat menyediakan tenaga pe

Wakil Rakyat Dorong Pemerintah Perhatikan Lansia
Stunting Dapat Mengganggu Masa Depan Anak Bangsa
Jadilah Generasi Muda yang Berintegritas dan Bertanggung Jawab

SINTANG – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sintang melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkaitnya disarankan agar dapat menyediakan tenaga penyuluh llokpada sektor perkebunan kelapa sawit.

Saran dan masukan tersebut disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Maria Magdalena ketika ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen, baru-baru ini.

Tenaga penyuluh yang dimaksud, Srikandi DPRD Sintang ini bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi perkebunan kelapa sawit. Mengingat 80 persen masyarakat di kabupaten ini, rerata mengantungkan hidupnya dari hasil perkebunan kelapa sawit.

Karenanya, lanjut Maria Magdelana menyarankan agar pemerintah daerah memanfaatkan warga lokal untuk menjadi tenaga penyuluh kelapa sawit. Sebab mereka dinilai lebih dapat maksimal dan optimal dalam memberikan edukasi kepada para petani yang memiliki lahan perkebunan kelapa sawit.

“Jadi, tenaga penyuluh ini bisa memberikan edukasi dan mendampingi petani sawit untuk mencapai hasil panen yang maksimal,” ujar Maria Magdalena berpendapat.

Untuk mewujudkannya, Politisi Partai Demokrat (PD) ini berharap sinergitas antara pemerintah daerah dan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasional kabupaten ini dapat berkolaborasi bersama dalam penyediaan tenaga penyuluh.

“Biasanya kan tiap perusahaan itu ad desa binaannya masing-masing. Nah, dari SDM desa binaan ini kita harapkan dapat melahirkan penyuluh perkebunan kelapa sawit untuk meningkatkan hasil produksi para petani sawit lokal,” kata Maria Magdalena.

“Tentunya ini perlu sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah daerah, pemerintah desa, dan perusahaan perkebunan kelapa sawit,” pungkas Maria Magdalena, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Sepauk – Kecamatan Tempunak ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0