Tingkatkan Produktivitas Panen, Masyarakat Butuh Dampingan Pemda Sintang

HomeParlemen

Tingkatkan Produktivitas Panen, Masyarakat Butuh Dampingan Pemda Sintang

SINTANG – Pendampingan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang melalui instansi terkait, terhadap masyarakat yang bergerak di sektor perternakan dan pe

Pemuda Diminta Kreatif
Pemuda Sintang Bisa jadi Pelaku Usaha Mandiri
Dewan Minta Pemerintah Akomodir Program Prioritas Desa

SINTANG – Pendampingan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang melalui instansi terkait, terhadap masyarakat yang bergerak di sektor perternakan dan pertanian dinilai masih minim. Imbasnya ada yang berhasil dan ada yang gagal ketika memasuki masa panen.

Hal tersebut diakui oleh Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Hikman Sudirman. Ia menilai, untuk mencapai hasil produktivitas panen di sektor ini tentulah para masyarakat harus didampingi, agar mereka pahan dan trahu langkah-langkah yang harus diambil. “Kebanyakan sih gagal panen, karena selama ini masyarakat peternak dan petani kita melakukannya hanya dengan pengetahuan mandiri saja, tanpa pendampingan. Untuk itu, kita harapkan ke depannya pemerintah daerah dapat memberikan pendampingan khusus kepada peternak dan petani kita dalam mencapai hasil produktivitas yang jauh lebih baik lagi,”ujar Hikman Sudirman nbelum lama ini.

Tak hanya pendampingan saja, bantuan bibit di sektor peternakan dan pertanian ini juga diharapkannya dapat ditingkatkan oleh Pemda Sintang. Bantuan dinilainya mampu memacu pengembangan usaha masyarakat. Contohnya saja masyarakat desa yang ada di Kecamatan Kayan Hilir dan Kayan Hulu, rata-rata mereka di sana membutuhkan bantuan bibit.

“Adanya bantuan bibit baik berupa ternak dan ikan sangat membantu masyarakat di sana dalam mengembangkan usaha dan meningkatkan taraf hidup masyarakat itu sendiri,” ujar politisi Partai Demokrat ini.

Ia menilai, dengan adanya bantuan bibit ternak seperti sapi, kambing dan ikan dari pemerintah, tentunya dapat meringankan biaya yang harus dikeluarkan oleh para petani untuk membeli bibit dan pakan.
“Maka dari itu kami juga mendorong agar dinas terkait melakukan pembinaan dan pelatihan agar bantuan yang disalurkan bisa berkembang atau berhasil dengan baik,” tegasnya.

Terlepas dari itu, pihaknya kata Hikman juga mendorong Pemda Sintang agar gencar melaksanakan program bedah rumah masyarakat tahun ini. Dikatakannya program bedah rumah masyarakat kurang mampu ini perlu dilakukan, sebagai bentuk peningkatan kesejahteraan dan kehidupan masyarakat yang layak ke depannya.

“Program bedah rumah ini akan sangat membantu bagi masyarakat kurang mampu. Bahkan usulan dan aspirasi terkait bedah rumah sendiri kerapkali disampaikan oleh masyarakat. Dari itu kita harapkan kepada Pemda Sintang agar melaksanakan program ini,” pungkasnya. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0