Pindahkan TPS

HomeParlemen

Pindahkan TPS

SINTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Lim Hie Soen meminta pemerintah daerah memindahkan tempat pembuangan sampah

Herinius Laka Dorong Pemkab Kembangkan Agrowisata
Sinergitas Bersama Dinilai Mampu Tekan Masalah Narkoba
Ketua DPRD Apresiasi langkah Polres Sosialisasikan Pemilu Damai

SINTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Lim Hie Soen meminta pemerintah daerah memindahkan tempat pembuangan sampah sementara yang berada di dekat Puskesmas Sungai Durian Sintang ke lokasi lain.

Ia menilai keberadaan TPS tersebut tidak strategis karena berdekatan dengan fasilitas kesehatan dan pendidikan.

“Harusnya tempat sampah itu tidak boleh berada di dekat Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya, sebab dampak pencemaran lingkungan sangat luar biasa,” ucap Lim.

Semestinya, kata dia ditempat tersebut harus selalu steril, karena berdekatan dengan fasilitas kesehatan, selain itu kegiatan belajar mengajar juga bisa terganggu akibat aroma yang tidak sedap, ditambah lagi tumpukan sampah yang menumpuk kadang kala meluas hingga ke ruas jalan.

“Itukan jalan masuk ke Gang Wiyata. Sudah ruas jalannya kecil ditambah dengan tumpukan sampah yang meluas Itu mengakibatkan jalan semakin sempit sehingga arus lalu lintas terganggu. Sementara di situ ada Puskesmas dan sekolahan,” ungkapnya.

Dengan kondisi ini, dikhawatirkan ketika ada hal-hal mendesak seperti ada warga sakit kegawatdaruratan yang membutuhkan penanganan segera bisa terhambat oleh hal-hal seperti ini. Sementara kegawatdarutan memerlukan penanganan yang cepat.

“Bagi dunia pendidikan, saya merasa kasihan kepada para pelajar di sekolah sekitar. Kegiatan belajar mengajarnya terganggu karena ada aroma tak sedap dari TPS tersebut. Kalau konsentrasi mereka terganggu Bagaimana kegiatan belajar mengajar dapat tercapai dengan baik sementara mereka generasi penerus bangsa,” jelas Lim.

Oleh sebab itu, Politisi Partai Hanura ini mendorong kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait agar selalu memastikan tumpukan sampah di TPS tersebut tidak meluas ke ruas jalan. Hal ini perlu dilakukan sebelum ada solusi terkait pemindahan TPS tersebut.

“Tempat sampah itu kan berada di pintu masuk gang, jadi jangan sampai mengganggu arus lalu lintas di wilayah setempat karena ada fasilitas kesehatan serta untuk menjamin kenyamanan berlalu lintas,” tukasnya.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0