Salurkan Pupuk Subsidi  Dengan Baik

HomeParlemen

Salurkan Pupuk Subsidi Dengan Baik

SINTANG – Pupuk subsidi yang merupakan program pemerintah untuk petani kecil diharapkan benar-benar dapat disalurkan dengan baik dan benar. Maka dari

Dewan Apresiasi Pemkab Sintang
Herinius Laka Dorong Pemkab Kembangkan Agrowisata
CSR Perusahaan Harus Terencana

SINTANG – Pupuk subsidi yang merupakan program pemerintah untuk petani kecil diharapkan benar-benar dapat disalurkan dengan baik dan benar. Maka dari itu, dalam hal ini pemerintah diminta harus mengawasi penyalurannya agar tepat sasaran.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat saat ini para petani, khususnya di Kabuaten Sintang menjerit karena kesulitan mendapatkan pupuk subsidi tersebut. Sedangkan untuk membeli pupuk non subsidi, mereka (petani) tidak mampu karena harganya dirasa sangat mahal.

“Jangan sampai pupuk subsidi ini malah disalahgunakan, diselewengkan atau disalurkan tidak tepat sasaran. Bila ada penyalur yang nakal harap ditindak tegas sesuai ketentuan yang berlaku. Makanya perlu pengawasan dari pemerintah,” ujar anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Toni beberapa waktu lalu.

Dikatakan Toni, bahwa keluhan terkait susahnya mendapatkan pupuk subsidi ini sudah sering didengarnya. Bahkan diakuinya sudah cukup banyak petani yang menyampaikan keluhan tersebut kepadanya.

“Tentu kita sangat prihatin dengan kondisi seperti ini. Apalagi sektor pertanian beberapa komoditi masih menjadi unggulan petani di Kabupaten Sintang, seperti sawit, lada dan karet. Kalau mereka kesulitan mendapatkan pupuk subsidi, maka akan memberatkan para petani kita ini,” kesalnya.

Untuk mengatasi persoalan ini, ia meminta agar pemerintah bisa mengambil tindakan tegas. Jangan biarkan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab menerima keuntungan di atas penderitaan petani-petani kecil yang mengantungkan hidupnya dari hasil pertanian mereka.

“Jangan sampai pupuk yang seharusnya diperuntukkan bagi petani ditampung oleh pihak lain. Kita juga minta penampung atau penyalur pupuk subsidi yang menyalahi aturan agar diberikan tindakan tegas. Makanya, pengawasan perlu ditingkatkan,” tuturnya.

Politisi Golkar ini juga mengatakan, pihaknya juga akan terus mendorong pemerintah untuk selalu meningkatkan pengawasan. Jangan sampai kejadian seperti ini berlarut-larut sehingga dampak negatif yang diberikan juga begitu besar kepada petani kecil.

“Intinya kita juga akan membantu sebisa kita sesuai tupoksi, agar permasalahan pupuk subsidi ini segera bisa teratasi,” pungkasnya. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0