Peran Bidan Penting Bagi Masyarakat Pedalaman

Home

Peran Bidan Penting Bagi Masyarakat Pedalaman

SINTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Maria Magdalena mengatakan, bahwa peran bidan sangatlah penting untuk menin

Infrastruktur Jalan Masih Jadi PR Pemerintah
Ketua Dewan Ajak Masyarakat Awasi dan Dukung Pembangunan
Berharap Pemerintah Perhatikan Sarpras dan Selesaikan PR Rumah Betang Tampun Juah

SINTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Maria Magdalena mengatakan, bahwa peran bidan sangatlah penting untuk meningkatkan mutu kesehatan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedalaman dan perbatasan.

Hal tersebut dikatakan Mainar bukan tanpa alasan, mengingat di wilayah pedalaman dan perbatasan tersebut, tentu sulit untuk mencari atau menemukan dokter, hanya bidanlah yang dapat diandalkan dan bisa menjadi orang pertama yang akan memberikan pertolongan.

“Bidan ini bisa mengantikan peran dokter untuk di daerah pedalaman dan perbatasan sana. Terutama masyarakat yang tinggal di kampung-kampung. Maka dari itu, bidan bisa dijadikan hal yang paling penting dalam kehidupan masyarakat di perbatasan,” ujar Maria beberapa waktu lalu.

Dengan kondisi seperti ini, tentu kata Poilitisi Partai Demokrat ini sangat dibutuhkan keahlian bidan yang mumpuni, karena otomatis di kampung pedalaman sana fasilitas kesehatan sangat kurang dan tidak tersedianya rumah sakit.

“Terutama dalam hal persalinan ibu yang lagi hamil. Jadi selain bidang medis, bidan juga harus menguasi bidang non medis. Tentu hal tersebut untuk alternatiflah membantu persalinan itu. Oleh karenanya, disitulah dibutuhkan bidan yang sangat mumpuni,” beber Maria.

Memang kata Maria, tugas yang diemban bidan, khususnya wilayah pedalaman dan perbatasan sana cukuplah berat. Mereka (bidan) harus bisa menekan angka kematian ibu dan bayi. Terus untuk membantu program keluarga berencana, termasuk menekan angka stunting juga.

“Maka dari itu, bidan ini memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. sehingga bidan harus memiliki kemampuan yang mumpuni, terutama yang bertugas di daerah pedalaman sana,” terang Maria.

Terlepas dari itu semua, Maria juga mengapresiasi terhadap pengorbanan bidan-bidan, khususnya yang ada di Kabupaten Sintang yang telah rela dan mau bertugas di daerah pedalaman dan perbatasan sana. Karena baginya, tidaklah muda untuk bertugas hingga ke pelosok des asana.

“Tentu semua itu pengorbana yang sangat luar biasa. Kita berterimakasih atas pengorbanan yang telah mereka berikan selama ini, sudah sepatutnya mereka juga mendapatkan perhatian dari pemerintah,” pungkasnya. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0