Gerakan Penghijauan di SDN No 03

HomeSintang

Gerakan Penghijauan di SDN No 03

SINTANG, RB - Camat Ketungau Hilir Sanito Fiuska didampingi Kepala UPTD Puskesmas Serangas Kecamatan Ketungau Hilir menghadiri kegiatan gerakan penghi

Kesbangpol Sintang Siap Sukseskan Pemilu 2024
TNI-POLRI Bersama Masyarakat Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak
DPRD Sintang Gelar Rapat Paripurna Ke-16, Masa Persidangan III

SINTANG, RB – Camat Ketungau Hilir Sanito Fiuska didampingi Kepala UPTD Puskesmas Serangas Kecamatan Ketungau Hilir menghadiri kegiatan gerakan penghijauan di SDN No 03 Kenuak pada Selasa 17 Oktober 2023 kemarin.

Camat Ketungau Hilir Sanito Fiuska menyampaikan sangat memberikan apresiasi dan dukungan untuk SDN 03 Kenuak dalam kegiatan penghijauan di sekolah.

“Jadi sekolah yang sehat hijau sehingga bisa menciptakan suasana belajar yang asri. Dengan suasana yang asri dapat membantu proses belajar di kelas karena siswa dapat belajar dengan baik dan nyaman sehingga bisa meningkatkan hasil belajar siswa,” terang Sanito Fiuska.

Ia mengatakan kegiatan penghijauan sekolah merupakan bagian dari Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah ataau GPBLHS yang sering disebut juga Adiwiyata. Adiwiyata bukan ajang perlombaan tetapi bagaimana kita bersikap untuk peduli terhadap lingkungan terutama lingkungan di sekolah.

Suprianto Kepala SDN 03 Kenuak Kecamatan Ketungau Hilir mengucapkan terima kasih atas dukungan Camat Ketungau Hilir, kepala UPTD Puskesmas Serangas, Kepala Desa, dan BPD Desa Kenuak, Komite Sekolah, bahkan Perusahaan PT. SKL B Kenuak Estate yang telah membantu kegiatan penghijauan ini.

“GPBLHS yang dilakukan di sekolah merupakan bagian dari sinergitas dengan pemerintah desa Kenuak yang merupakan Lokus Stunting dan ODF. Sekolah mencoba menanamkan karakter peduli lingkungan kepada siswa sehingga terciptanya sekolah sehat dan bersih untuk proses pembelajaran,” terang Suprianto.

“Bagaimana perubahan karakter trilogi Pendidikan yakni sekolah, keluarga murid dan masyarakat menjadi tujuan utama dari kegiatan GBPLHS. Alhamdulillahnya jika kami ditetapkan menjadi sekolah Adiwiyata sehingga menjadi kebanggaan sekolah dan masyarakat karena sekolah di pedalaman Sintang juga bisa. Semoga tujuan dari perusahaan karakter peduli lingkungan disekolah bisa terwujud dengan kerjasama semua pihak,” tambah Suprianto.

Gatot Wijardi Kepala Desa Kenuak mengatakan program penghijauan sekolah bertujuan untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah sehingga menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah terhadap lingkungan sekolah ,sehingga kemudian warga sekolah dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup.

“Namun kegiatan penyelamatan lingkungan hidup bukanlah tanggung jawab sekolah sepenuhnya melainkan memerlukan dukungan dari semua komponen, yakni orang tua murid, masyarakat dan pemerintah. Peran serta masyarakat dalam program penghijauan sekolah akan membantu mengembangkan dan meningkatkan kegiatan penyelamatan lingkungan hidup,” pungkas Gatot Wijardi.

Sumber: Rilis Kominfo Sintang

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0