Inilah 7 Usulan Dan Masukan Fraksi PKB Terhadap Nota Keuangan Dan RAPBD 2023

Home

Inilah 7 Usulan Dan Masukan Fraksi PKB Terhadap Nota Keuangan Dan RAPBD 2023

Sintang, RB- Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang menyampaikan Pandangan umum (PU) terhadap

Sekda Sintang Hadiri Evaluasi Kinerja Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan
Hingga 10 November 17 Kasus Rabies di Kayan Hulu
Nikodemus: Penangana HGU Dapat Meningkatkan Pendapatan Daerah Dan Kepastian Hukum Perusahaan

Sintang, RB– Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang menyampaikan Pandangan umum (PU) terhadap nota keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sintang, Tahun Anggaran 2024. Pada Rapat Paripurna ke-14, Masa persidangan ke-III, Tahun 2023, pada Kamis 12 September 2023 siang di Ruan rapat utama, Kantor DPRD Sintang. Jalan M Saat, Kelurahan Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang.

Melalui juru bicarannya, Alpius, S.PdK, Fraksi PKB menyampaikan menerima dan menyetujui nota keuangan dan Raperda tentang APBD Kabupaten Sintang, sehingga dapat di basa dalam rapat-rapat selanjutnya.

“Dengan mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Fraksi partai kebangkitan bangsa berpendapat bahwa, Raperda APBD Sintang tahun anggran 2024, Dapat dibahas pada rapat-rapat selanjutnya”, Ujar Alpius menyampaikan pandangan umum fraksi Nya.

Namun demikian, Fraksi PKB memberi masukan serta usulan yang dapat menjadi pertimbangan dan acuan bagi Bupati Sintang, “ yang pertama, Pemerintah daerah Kabupaten  Sintang diminta melanjutkan jembatan rangka baja Sungai Inggar, Desa sungai buaya, kecamatan Kayan hili.

Fraksi PKB juga meminta kepada Bupati Sintang untuk segera merealisasikan pembangunan jembatan Sungai Emang yang sudah dua tahun terahir ini roboh akibat diterjang banjir. “Yang kedua, mohon kepada Bupati Sintang diminta untuk membangun kembali jembatan Sungai Emang, Desa Sungai Emang, Kecamatan Kayan Hilir yang sudah roboh tahun 2021 terkena banjir, yang mana sudah diperiksa oleh badan penanggulangan bencana daerah, namun sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya”, Ujar Alpius.

Fraksi ini juga menyoroti kondisi akses jalan menuju Tempat Pembuangan Ahir (TPA) sampah di Kecamatan Kayan Hilir yang kondisinya sudah tidak dapat dilalui kendaraan pengangkut sampah. “Yang ketiga, mohon kepada Bupati Sintang diminta untuk peningkatan jalan menuju tempat pembuangan ahir, sepanjang lima kilo meter di Desa Nanga Mau, Kecamatan kayan Hilir. dikarenakan masyarakat sekarang sudah membuang sampah kesungai, karena akses menuju TPA sudah tidak dapat dilalui kendaraan pengangkut sampah”, Ujar Alpius.

Beberapa pembangunan jembatan dan peningkatan jalan penghubung di Beberapa kecamatan juga menjadi masukan dan saran dari Fraksi PKB. “Yang kempat, mohon kepada Bupati Sintang diminta untuk menata halaman kantor kecamayan Kayan Hilir. Yang kelima, mohon kepada Bupati Sintang, diminta untuk membangun jembatan Sungai Buluh, di kilometer lima puluh delapan, Desa Bernayau yang kondisinya sangat memprihatinkan” Ujar Alpius.

Untuk jalan penghubung tiga Kecamata, jalur Ketunggau juga mendapat tanggapan dari Fraksi PKB. “Yang ke enam, mohon kepada Bupati Sintang diminta untuk meningkatkan jalan di Desa Sumber Sari ke Desa Pura, kecamatan Ketunggau Hulu. Yang ketujuh, mohon kepada Bupati Sintang untuk meningkatkan jalan ke Ketunggau Tengah, Ketunggau Hilir dan ke Ketunggau Hulu”, Ungkap Alpius.

Sementara terkait penanganan infestasi perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Sintang, Fraksi PKB mengusulkan untuk DPRD Kabupaten Sintang segera membentuk Pansus.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0