Optimalkan Pajak PBB-P2 untuk Tingkatkan PAD

HomeParlemen

Optimalkan Pajak PBB-P2 untuk Tingkatkan PAD

SINTANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Lim Hie Soen berharap pemerintah dapat kembali gencar menarik pajak bumi da

DPRD Sintang Gelar Rapat Paripurna Ke-13, Masa Persidangan III
Wakil Ketua Komisi A DPRD Sintang Hadiri Pelantikan Apdesi
Dewan Imbau Perusahaan Perhatikan K3

SINTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Lim Hie Soen berharap pemerintah dapat kembali gencar menarik pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB-P2). Alasannya, hal tersebut dapat meningkatkan sumber pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Sintang.

Karenanya, Politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) meminta kepada instansi terkait dapat memaksimalkan dan mengoptimalkan kembali pendapatan dari sektor pajak PBB-P2 ini.

“Karena potensi pajak di sektor PBB-P2 ini begitu besar, tentu ini harus kita tingkatkan agar menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD),” ungkap Lim Hie Soen ketika ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen Sintang, Selasa (6/12/2022).

Mestinya, kata Lim Hie Soen, instansi terkait harus tanggap dengan berbagai sektor pajak yang memiliki potensi untuk meningkatkan sumber pendapatan asli daerah (PAD) di daerah ini.

“Harus tanggap lah ya. Karena tidak hanya pajak PBB-P2. Tapi banyak sektor pajak yang berpotensi untuk meningkatkan PAD. Namun sayangnya hal tersebut belum tergali dengan maksimal,” ungkap Lim Hie Soen.

Walau demikian, Lim Hie Soen menyarankan agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang dapat menggali potensi PAD di lingkungan kerjanya masing-masing.

Sebab, lanjut Lim Hie Soen, tak sedikit potensi PAD yang belum tergali dengan maksimal. Contoh di sektor pariwisata.

“Bila dikelola dengan maksimal, maka akan mengahasilkan PAD yang begitu besar juga. Nah, hal seperti ini harus diperhatikan tiap OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang,” pungkas Lim Hie Soen, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sintang 1 ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0