Dewan Desak Pemda Tingkatkan SDM Tenaga Kerja Lokal

HomeParlemen

Dewan Desak Pemda Tingkatkan SDM Tenaga Kerja Lokal

SINTANG - Setakat ini, perusahaan perkebunan yang beroperasional di Kabupaten Sintang dinilai belum maksimal menyerap tenaga kerja lokal. Karenanya, a

Komisi B Pertanyakan Progres Pemekaran 4 Kecamatan Baru
Fraksi NasDem Dorong Pemkab Rampungkan Fisik
Kades di Minta Bagun Derahnya Masing-Masing Dengan ADD

SINTANG – Setakat ini, perusahaan perkebunan yang beroperasional di Kabupaten Sintang dinilai belum maksimal menyerap tenaga kerja lokal. Karenanya, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Nikodemus minta pemerintah daerah memperhatikan ihwal tersebut.

Sebagai wakil rakyat, Nikodemus tidak ingin putra-putri daerah di kabupaten yang berjuluk “Bumi Senentang” ini hanya menjadi penonton, sementara geliat investasi semakin gencar terbuka.

“Kami minta putra-putri daerah kita diberdayakan atau direkrut untuk kerja di tiap perusahaan yang beroperasional di daerah kita ini. Karena tidak sedikit perusahaan perkebunan yang menjalankan usahanya di tempat kita ini,” ungkap Nikodemus ketika ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen Sintang, belum lama ini.

Nikodemus mendorong agar pemerintah daerah melalui instansi terkaitnya untuk memperhatikan hal tersebut. Bila tenaga kerja lokal diberdayakan dengan maksimal. Maka akan mengurangi angka pengangguran di kabupaten ini.

Selain itu, Nikodemus juga minta masyarakat dapat diberikan sejumlah pelatihan guna mengisi bidang pekerjaan yang dibutuhkan tiap perusahaan.

“Kami rasa sumber daya manusia (SDM) lokal kita tidak kalah dengan luar. Kalau bicara kualitas tentu ini tanggungjawab pemerintah daerah, bagaimana melahirkan SDM yang berkualitas dan mampu bersaing dengan tenaga kerja luar,” kata Nikodemus.

“Untuk itu, kami sarankan agar tenaga kerja lokal kita diberikan sejumlah pelatihan-pelatihan, sehingga dapat berperan dan diberdayakan pada tiap perusahaan,” ujar Nikodemus menambahkan.

Politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), berpendapat bahwa pembangunan dan kesiapan SDM tentunya harus seimbang. Karenanya, pemerintah dituntut untuk bisa mencukupi kebutuhan tenaga kerja yang terampil dan siap pakai guna menunjang ketersediaan kesempatan kerja yang ada di daerah ini.

“Langkah ini agar tidak ada lagi alasan bagi tiap perusahaan untuk tidak menyerap tenaga kerja lokal, karena bidang keahlian teknis. Untuk itu, pemerintah harus memberikan pelatihan ketenagakerjaan sehingga mereka memiliki keterampilan dan keahlian bidang masing-masing,” pungkas Nikodemus, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Sepauk – Kecamatan Tempunak ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0