Wakil Rakyat Dorong Pemerintah Perhatikan Lansia

HomeParlemen

Wakil Rakyat Dorong Pemerintah Perhatikan Lansia

SINTANG - Guna menjaga dan terus meningjatkan kualitas hidup masyarakatblanjut usia (Lansia), anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten

Dewan Soroti Roti Kemasan di Sintang
Peran dan Kerjasama Lintas Sektoral Diyakini Mampu Tekan Stunting
UMKM Berkontribusi Untuk Meningkatkan PAD

SINTANG – Guna menjaga dan terus meningjatkan kualitas hidup masyarakatblanjut usia (Lansia), anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Harjono Bejang mendorong pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan lansia.

Karenanya, Poltikus Partai Golongan Karya (Golkar), menyarankan agar pemerintah membuat suatu program yang tepat untuk mereka kaum lansia.

“Tentunya program yang dimaksud adalah program pemberdayaan khusus untuk lansia, tanpa harus mengeluarkan tenaga fisik,” kata Harjono Bejang ketika ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen Sintang, baru-baru ini.

Kesejahteraan para lansia dinilai Harjono Bejang penting untuk dilakukan. Untuk itu, peningkatkan kesadaran keluarga dalam meraeat lansia menjadi suatu hal yang penting, karena yang dibutuhkan lansia saat ini adalah dukungan dari keluarga.

“Sehingga lansia dapat hidup bahagia dan sejahtera serta dapat meningkatkan harapan hidup,” ujar Harjono Bejang menyarankan.

Olehkarenanya, kata Harjono Bejang, butuh peran pemerintah daerah memperhatikan kondisi lansia dengan memberikan pelayanan kesehatan yang intens kepada lansia.

“Jadi, peran pemerintah sangat diperlukan sekali ya, terutama dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi lansia. Dan kami harap persoalan lansia benar-benar menjadi perhatian khusus pemerintah daerah,” tegas Harjono Bejang.

Sisi lainnya, Harjono Bejang juga mengatakan bahwa lansia memiliki segala keterbatasan dan kerentanan, namun bantuan sosialyabg diterima lansia sejauh ini masih belum mampu mencukupi kebutuhan dasar lansia, termasuk kebutuhan kesehatan lansia.

“Kebutuhan dasar lansia itu berupa sandang, pangan dan kesehatan harus diperhatikan pemerintah daerah. Begitu juga jaminan kesehatan nasional (JKN) perlu melindungi kelompok lansia, sehingga keberadaan mereka benar-benar diperhatikan,” pungkas Harjono Bejang, wakil rakuat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Kayan Hilir dan Kecamatan Kayan Hulu ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0