TP PKK dan Penyuluh Diminta Masif Sosialisasikan Stunting

Home

TP PKK dan Penyuluh Diminta Masif Sosialisasikan Stunting

SINTANG - Tim Penggerak (TP) PKK tingkat desa atau kelurahan diharapkan mampu membantu pemerintah daerah dalam menekan angka stunting di wilayahnya ma

Dinkes Dukung Program Posyandu Remaja
Insfrastruktur Jalan Sangat Diperlukan Diperbatasan
RSJ Sudiyanto Diresmikan, DPRD Berharap Dapat Membantu Warga di Timur Kalbar

SINTANG – Tim Penggerak (TP) PKK tingkat desa atau kelurahan diharapkan mampu membantu pemerintah daerah dalam menekan angka stunting di wilayahnya masing-masing.

Hal itu dapat dilakukan dengan berbagai sosialisasi intens terkait pemahaman akar permasalah, penyebab, dan dampak pada stunting di kalangan masyarakat desa.

“Kami harap peran TP PKK tingkat desa dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait masalah stunting, karena persoalan ini telah menjadi atensi dari pemerintah pusat, provinsi, dan daerah untuk dituntaskan,” ungkap Kartimia Mawarni, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang ketkka ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen Sintang, kemarin.

Kata Srikandi DPRD Sintang, TP PKK dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat desa agar mereka lebih intens memperhatikan tumbuh kembang anaknya, agar tidak terdampak stunting.

“Karena masalah stunting saat ini menjadi ancaman serius dan harus ditanggapi dengan cepat atau dicegah sedini mungkin, sehingga segala upaya yang dilakukan pemerintah daerah untuk bebas stunting dapat terwujud,” kata Kartimia Mawarni.

Kendati demikian, Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini, menilai upaya menekan angka stunting tidak dapat dilakukan dengan sendiri-sendiri, karena dibutuhkan komitmen bersama dari semua pihak yang berkaitan langsung dengan masalah stunting ini, termasuk kesadaran masyarakatnya.

“Artinya, harus ada kolaborasi, kekompkan dan komitmen bersama dari semua pihak dalam menekan angka stunting di daerah kita ini,” tegas Kartimia Mawarni.

Olehkarenanya, Kartimia Marwarni minta kepada pemerintah daerah melalui instansi terkaitnya agar dapat memanfaatkan tenaga penyuluh lapangan untuk gencar dan masif memberikan informasi yang berkaitan dengan pencegahan dan dampak yang ditimbulkan pada persoalan stunting.

“Jadi, selain TP PKK tenaga penyuluh juga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat desa, terutama soal dampak stunting bagi tumbuh kembang anak,” pungkas Kartimia Mawarni, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Binjai Hulu – Kecamatan Ketungau Hilir – Kecamatan Ketungau Tengah – Kecamatan Ketungau Hulu ini.(*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0