Maksimalkan Bantuan Sosial untuk Warga Terdampak Banjir

Home

Maksimalkan Bantuan Sosial untuk Warga Terdampak Banjir

SINTANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Mainar Puspa Sari menyarankan agar pemerintah daerah lebih memaksimalkan ba

Jangan Biarkan Anak Kecanduan Game Online
Pemkab Sintang Akan Luruskan Tikungan Lapter Sintang
Kebutuhan Akan Kayu Di Bumi Senentang Ini Sangat Tinggi

SINTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Mainar Puspa Sari menyarankan agar pemerintah daerah lebih memaksimalkan bantuan sosial (Bansos) bagi warga terdampak banjir, terutama di daerah yang bermukiman di dataran rendah atau bantaran sungai.

“Kami harap bantuan sosial untuk warga kita terdampak banjir dapat disalurkan dengan maksimal. Baik itu bantuan yang diberikan pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah ini,” ujar Mainar Puspa Sari ketika ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen Sintang, baru-baru ini.

Menurut Srikandi DPRD Sintang ini, tak sedikit jumlah warga terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Melawi dan Kapuas di kabupaten ini, kbususnya di kawasan Kampung Ladang, Menyubung, dan Masuka Pantai.

Rerata rumah mereka terendam banjir. Sehingga melumpuhakn segala aktivitas hari-harinya. Karenanya, bantuan sosial berupa makan siap saji, pakaian dan lainnya begitu dibutuhkan dalam kondisi saat ini.

“Kalau kita lihat apa yang mereka butuhkan itu, adalah makanan siap saji, sembako, pakaian dan lainnya. Karena mereka tidak bisa bergerak kemana-mana dalam kondisi banjir saat ini,” ungkap Politisi Partai Demokrat (PD) ini.

Selain itu, Mainar Puspa Sari juga meningatkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sintang untuk terus melakukan pemantauan di sejumlah kawasan pemukiman warga terdampak banjir.

Bila kondisi air meningkat, Mainar Puspa Sari minta agar BPBD segera melakukan proses evakuasi terhadap masyarakat terdampak banjir.

“Tentunya ini upaya kita bersama dalam menanggulangi musibah yang melanda sebagian daerah kita ini,” kata Mainar Puspa Sari menyarankan.

Sisi lainnya, Mainar Puspa Sari mengimbau kepada seluruh masyarakat di kabupaten yang berjuluk “Bumi Senentang” ini agar tetap waspada dengan segala kemungkinan- kemungkinan yang bakal terjadi beberapa hari ke depannya. Sebab intensitas curah hujan belakangan ini masih cukup tinggi.

“Bahkan berdasarkan prakirawan BMKG bahwa intensitas curah hujan di Sintang masih berpotensi tinggi hingga beberapa hari ke depannya. Nah, dampaknya adalah banjir, karena meluapnya debit air dari Sungai Melawi dan Kapuas. Untuk itu, kami mita warga yang bermukim di kawasan bantaran sungai agar tetap meningkatkan kewaspadaannya,” pungkas Mainar Puspa Sari, wakil rakyat Dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sintang 1 ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0