Santosa: Butuh Peran Semua Pihak untuk Cegah Konflik Sosial

HomeParlemen

Santosa: Butuh Peran Semua Pihak untuk Cegah Konflik Sosial

SINTANG - Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa menegaskan bahwa penanganan konflik sosial menjadi hal mutla

Dukung Komitmen Pempus Bangun Jalan Perbatasan
Fraksi Hanura Minta Sejumlah Tower BTS Dapat Berfungsi
Komisi B Pertanyakan Progres Pemekaran 4 Kecamatan Baru

SINTANG – Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa menegaskan bahwa penanganan konflik sosial menjadi hal mutlak yang harus diantisipasi dini dan diambil langkah strategis agar persoalan itu tidak terjadi di Kabupaten Sintang.

Perihal ini ditegaskannya bukan tanpa alasan. Pasalnya kabupaten yang berjuluk “Bumi Senentang” ini geografisnya berbatasan langsung dengan negara tetangga (Malaysia,red). Ditambah lagi dengan menjamurnya perusahaan perkebunan yang beroperasional di daerah ini.

Tidak menutup kemungkinan segala potensi konflik sosial antara perusahaan dan masyarakat dapat terjadi.

Untuk mengantispasi hal tersebut, kata Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, dibutuhkan sinergitas dan peran semua pihak.

“Artinya ini penting untuk kita perhatikan dan diantisipasi bersama agar persoalan konflik sosial tidak terjadi. Meski sampai sekarang Sintang masih aman dan kondusif, namun potensi itu tetap ada. Maka ini harus menjadi perhatian semua pihak agar tidak terjadi,” kata Santosa ketika ditemui Radarborneo.id di Gedung Parlemen Sintang, baru-baru ini.

Legislator DPRD Sintang meminta Bupati sebagai kepala daerah agar mengintruksikan jajarannya, terutama kepada Camat, Lurah, Kepala Desa (Kades) agar dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya hal yang berkaitan dengan informasi.

“Sehingga masyarakat kita tidak terpengaruh dengan berita atau isu tidak jelas yang tentunya dapat menimbulkan konflik sosial di tengah masyarakat,” ujar Santosa menyarankan.

Potensi atau ancaman konflik sosial, ungkap Santosa, tetap selalu ada pada suatu daerah. Kendati demikian, pemerintah diminta agar dapat menekan segala potensi konflik sosial tersebut dengan berbagai langkah.

“Antisipasi, pencegahan sejak dini harus dilakukan. Tentunya ini tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja, tapi menjadi tanggungjawab semua pihak. Harapan besar kita, langkah yang diambil dapat menciptakan stabilitas keamanan serta menghindari konflik sosial di tengah masyarakat,” pungkas Santosa, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Kayan Hilir – Kecamatan Kayan Hulu ini. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0